Asbabun Nuzul

Rp. 140.000

Hanya Tersisa: 50 lagi

Kategori: Tafsir

Judul: Buku

Kita mmahami bahwa turunnya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad tidak lain karena dua hal. Pertama secara ibtida’i, yaitu diturunkan murni oleh Allah tanpa sebab atau peristiwa tertentu. Kedua adalah diturunkan karena adanya peristiwa dan sebab tertentu. Alur peristiwa dan sebab sampai diturunkannya Al-Qur’an, itulah yang oleh para ulama disebut dengan asbâbun nuzûl.

Penting sekali bagi kita untuk mengetahui asbâbun nuzûl ini. Mengetahui asbâbu nuzûl akan mengantarkan seseorang untuk membuka tabir hikmah yang ada di dalam syari’at Allah, sehingga dengan pengetahuan terhadap hikmah dari syari’at Allah akan semakin menambah keimanan yang ada di dalam hati. Mengetahui asbâbu nuzûl dapat mengantarkan seseorang untuk memahami ayat Allah dengan benar.

Dan inilah bukunya, Asbâbun Nuzûl, yang ditulis oleh Imam Jalaluddin As-Suyuthi RHM. Mengulas tentang peristiwa dan perkara yang menjadi sebab diturunkannya ayat-ayat Al-Qur’an. Dimulai dari surat Al-Fâtihah hingga surat An-Nâs, lengkap 114 surat dalam Al-Qur’an. Beliau menyebutkan riwayat-riwayat yang berkaitan dengan peristiwa dan sebab diturunkannya ayat-ayat tersebut, serta mengulas kisah-kisah menggugah hati dan keimanan.